Bayam Mengurangi Risiko Sakit Jantung

 
12 November 2009

Selama ini kita kurang peduli tehadap kesehatan jantung. Padahal, menurut penelitian medis, penyakit ini sangat ganas, dan bisa menyerang siapa saja.

Bila tidak segera diantisipasi malah menyebabkan kematian seseorang. Sebenarnya, ada beberapa cara sederhana untuk pencegahannya. Selain rutin melakukan aktivitas fisik dan mengontrol tingkat stres, dapat juga melakukan diet seimbang dan mengatur pola asupan makanan bagi tubuh.

Memahami cara memilih asupan makanan yang baik maka jantung dapat terjaga kesehatannya. Ingin tahu jenis makanan apa saja yang baik untuk jantung? Berikut daftar makanan yang terbukti bisa mengurangi tingkat risiko penyakit jantung dikutip dari panduan buku tips, berjudul Olah Raga Sumber Kesehatan, karangan Eddy dan smber lainnya.

1.       Bayam

Bayam mengandung vitamin B,C,E, zat Besi, kalium dan juga berbagai mineral, termasuk betaine yang berguna untuk kesehatan jantung. Bayam juga mengandung Lutein yang baik untuk mata dan tidak mengandung kalori, sehingga bisa dimakan seseri ng mungkin sesuai dengan keinginan. Bila tidak menyukai sayur kesukaan Popaye ini, bisa menggantinya dengan jenis sayuran lainnya. Mengkonsumsi dua jenis sayuran setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 25 %.

2.       Salmon

Ikan ini adalah sumber omega terbesar. Mengkonsumsi ikan salmon secara rutin dapat memperbaiki tekanan darah, membantu pengentalan darah secara normal dan mengurangi risiko  terkena serangan stroke. Ikan salmon juga mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan otak dan kulit. Jadi, Anda tidak perlu takut pikun atau memiliki kulit yang tidak sehat saat tua nanti.

3.       Minyak zaitun

Zaitun secara alami mengadung zat bersenyawa  tak tersabunkan seperti fenol,  tokoferol, sterol, pigmen, dan squalen yang memegang peranan penting dalam kesehatan manusia. Minyak zaitun juga mengandung  triasilgliserol yang sebagian besar diantaranya berupa asam lemak tidak jenuh jenis oleat yang memberikan efek positif bagi kesehatan  jantung.

4.       Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu menu sarapan ysng sangat baik karena mengandung nutrisi yang kaya akan omega 3, folate, dan kalium Oat juga mengantarkan  protein, pottasium, magnesium, dan berbagai mineral lainnya seperti phytonutrient yang mengandung antioksidan. Kandungan seratnya dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dan menetralkan gula dalam  darah. Sebagai kombinasi, buah pisang juga bisa menjadi pasangan yang tepat untuk sarapan outmeal.

Sumber : Asep Iswayanto/Mitra Dialog/April 2009.  

Author: Asep Iswayanto - Source: Mitra Dialog
     
 
 
Komentar

Klik disini apabila anda ingin memberikan komentar

 
IP Address : 54.161.168.21
Browser Anda : unknown
Jumlah Pengunjung : 867571
Jumlah Pengunjung Unik : 309959
Jumlah Pengunjung Hari ini   136
Jumlah Kunjungan Anda : 71
Jumlah Kunjungan Anda Hari ini : 71
 
© 2009 Healthcare Center. All rights reserved. Use of this site constitutes acceptance of Healthcare Center terms of service and privacy policy. The material on this site is for informational purposes only, and is not a substitute for medical advice, diagnosis or treatment provided by a qualified health care provider.